Selasa, 10 Agustus 2010

Ramadhan 2

Bismillah...

Ramadhan ialah bulan yang penuh dengan kebaikan dan berkah, bulan yang agung lagi mulia, bulan yang penuh dengan ampunan, magfirah dan rahmat dari ALLAH Subhanahu wa ta'ala,  bulan yang memiliki malam dimana ketika kita mendapakan malam itu maka kemuliaannya lebih dari seribu bulan, bulan yang InsyaALLAH jika kita berhasil melaluinya akan membuat kita menjadi suci tanpa dosa, bulan yang seharusnya disambut dengan kegembiraan mengingat keutamaan serta rahmat yang dicurahkan pada bulan ini...

Katakanlah dengan keutamaan Allah dan rahmat-Nya maka dengan itu bergembiralah kalian.(Yunus: 58)

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memberikan berita gembira kepada para sahabatnya akan datangnya bulan Ramadhan, memberikan semangat kepada mereka untuk memperbanyak amal shalih begitupun salafush shalih juga biasa mengucapkan berita gembira serta semangat perihal segala sesuatu hal di dalam kebaikkan mengingat manusia seringkali lupa pada sesuatu hal meskipun sudah sangat jelas kebaikannya...

a. Ramadhan sebagai bulan di turunkannya Al-Qur'an
Al-Qur'an sebagai wahyu ALLAH yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, yang merupakan salah satu Mukjizat Rasul ALLAH, yang merupakan landasan hidup seorang muslim, pemberi syafaat dengan kata-kataNYA yang menyentuh kalbu, puisi dari segala puisi yang dengan IzinNYA telah menjadikan manusia dimana pada awalnya penuh dengan kejahiliahan mampu membedakan yang hak & yang batil, yang baik & yang buruk, menjadi rahmat semesta alam jika ia memahami serta mengaplikasikan kebaikkan-kebaikkan yang terkandung dalam di dalam Al-Qur'an...

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. (Al Baqarah : 185)

b. Dibelenggunya syaithon
Orang-orang berbondong-bondong berpuasa, yang biasanya tertidur lelap kini bangun untuk sahur, yang biasanya berkata tidak baik berusaha menahan mulutnya dari perkataan yang tidak baik,  yang biasanya jarang sholat menjadi lebih rajin sholatnya, masjid yang biasanya sepi menjadi lebih ramai, Al-Qur'an menjadi lebih sering dibaca pada bulan ini...

Jika telah tiba bulan Ramadhan, dibukalah pintu-pintu syurga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan dibelenggulah syaitan-syaitan. (H.R. Bukhari dan Muslim)

c. Lailatul Qadr
Malam yang memiliki kebaikkan daripada seribu bulan, yang jika kita beribadah maka nilainya sama dengan seribu bulan setara dengan 83 tahun...

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
(Q.S. Al-Qadr 1-5)

d. Diwajibkannya berpuasa
Berbagai ahli kesehatan telah banyak mengatakan betapa puasa itu amat menyehatkan, berpuasa Ramadhan wajib hukumnya sehingga membuat hal" halal seperti makan, minum serta perihal syahwat (suami-istri) menjadi tidak bisa dilakukan pada saat berpuasa di bulan Ramadhan,  puasa di bulan Ramadhan dapat dikatakan sebagai pendidikan atas segala nafsu di bulan" berikutnya,  puasa merupakan rahasia antara ALLAH dan pelakunya, mengingat bisa saja seseorang yang berpuasa secara sembunyi" makan atau minum akan tetapi seorang muslim yang berpuasa tidak akan berbuka sebelum waktunya sekalipun makanan telah tersedia, ia sadar bahwa ALLAH besertanya.

Sebuah hadits Qudsi : Semua amal anak-anak Adam  adalah untuk dirinya, kecuali puasa. Puasa adalah untuk-Ku dan Aku-lah yang akan memberi ganjarannya.

Atas dasar beberapa hal diatas maka puasa dapat dikatakan sebagai Ibadah yang unik ditambah lagi salah satu tujuan utamanya yakni untuk mencapai ketakwaan.

183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Q.S Al-Baqoroh ; 183)

e. Bermaaf-maafan
Tidak ada kewajiban yang mengharuskan untuk memohon maaf/memaafkan di bulan Ramadhan karena bukan hanya di bulan Ramadhan seseorang harus meminta maaf/memaafkan.

Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf. (Q.S. Asy-Syura ; 37)

Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham. Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi” (H.R. Bukhari)

Dosa sesama Manusia haruslah meminta/mendapatkan maaf  kepada sesama manusia, dan bulan Ramadhan dimana kita telah mendapatkan ampunan dari ALLAH Subhana wa ta'ala (InsyaALLAH) oleh karena itu Ramadhan dapat menjadi momen bagi kita untuk memohon maaf serta memaafkan, mengingat seringkali kita sebagai manusia tidak mengetahui bahwa kita telah menyakiti orang lain, baik itu tetangga kita, saudara kita ataupun kerabat lainnya dan seringkali kita gengsi atau bahkan malu untuk meminta maaf begitupun dengan memfafkan. Oleh karena itu dengan saling meminta maaf dan memaafkan di bulan Ramadhan InsyaALLAH kita menjadi suci tanpa dosa baik itu kepada ALLAH maupun kepada sesama manusia, ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa meminta maaf tanpa dasar/kepada semua orang dapat digolongkan kedalam perbuatan ghuluw (berlebihan) dalam beragama, sehingga kita seharusnya mengatakan dosa kita kepada seseorang terlebih dahulu ketika meminta maaf, misalnya "Akhi/Ukhti ane mohon maaf waktu ntu ane ngomongin kejelekkan Akhi/Ukhti atau Akhi/Ukhti lagi ntu sebenernye ane yang ngumpetin sendal ente tp ane kagak ngaku^_^" dll.

Alhamdulillah kita masih bertemu dengan Ramadhan yang penuh dengan kebaikkan & berkah, saya mohon maaf jikalau ada kesalahan yang pernah saya perbuat baik itu perkataan/perbuatan yang di sengaja ataupun tidak sehingga menyakiti hati & perasaan  serta membuat para pembaca merasa terzalimi, taqabbalallahu minna wa minkum^_^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar